UA-92231233-1UA-92231233-1

Menjaga Kualitas Makanan

Foto Ilustrasi: Hendi Rusmanudin . 2017
Ilustrasi Pasar
(Hendi Rusmanudin, Rebusan.com)

Selama ini mungkin kita memiliki waktu yang padat ditengah aktivitas sehari-hari sehingga lupa dengan makanan apa saja yang baik dan tidak menurut tubuh kita. Pergeseran lifestyle dan budaya konsumtif juga membuat usia produktif  zaman sekarang tidak memperhatikan kulaitas makanan dengan pola hidup sehat.

Makanan merupakan salah satu faktor penting pemicu pola hidup sehat. Makanan tersendiri memiliki berbagai macam zat yang membawa manfaat atau bahkan dapat menjadi sumber penyakit untuk diri kita masing-masing bila kita tidak memperhatikan sumber dan cara pengolahan makanan yang kita konsumsi.

Menjaga kualitas makanan tentu saja dirasa penting untuk dapat mengukur sendiri apakah makanan tersebut bermanfaat atau tidak untuk tubuh kita. Junkfood, tentu sering kali terdengar di telinga kita. Junkfood itu sendiri adalah makanan yang kandungannya tidak memiliki manfaat pada tubuh, makanan yang sudah terkarbonasi akibat pola pengolahan di goreng dan dibakar pada suhu tertentu sehingga merubah rantai lemak yang terkandung.

Pada kondisi normal, tubuh kita memang membutuhkan makanan yang mengandung lemak dari minyak. Namun hal ini tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak dan sering. Namun pada kondisi nyata saat ini makanan yang sering kita temui adalah jenis makanan dengan olahan yang digoreng karena dirasa cepat saji dan hanya membutuhkan waktu sebentar dalam proses pengolahannya, juga tidak mengeluarkan banyak tenaga.

Makanan yang diolah dengan minyak pada suhu yang tinggi dapat merubah struktur protein dan lemak menjadi. Pengolahan makanan dengan suhu terlalu tinggi akibat pengolahan deep frying atau menggunakan minyak banyak dalam waktu yang lama akan merubah struktur protein dalam makanan, yang apabila kita mengkonsumsinya akan menurunkan manfaat protein itu sendiri atau bahkann bisa merubah struktur protein yang dimana akan membuat pergerakan sel menjadi lebih aktif yang akan memberikan dampak perkembangan sel berlebih dalam tubuh, sehingga menjadi kelainan sel atau biasa kita sebut sel tumor atau kanker.

Nah readers sudah tau kan betapa pentingnya kita menjaga kualitas makanan yang akan kita konsumsi? Now this time is your choice to choose your healthy food for the future. Cause you are what you eat. (Resty/rebusan.com)